sofware penambah saldo rekening

Kamis, 01 November 2012

Cara Mengatasi Menopause


Setiap wanita pasti akan mengalami menopause. Menopause merupakan bagian dalam fase atau siklus kehidupan seorang wanita ketika masa kesuburan dan masa reproduksi mengalami penurunan hormonal. Menopause bukanlah penyakit berbahaya namun fase ini sering dikhawatirkan perempuan dewasa. Pasalnya, menopause bisa mengakibatkan perempuan terkena hot flashes (berkeringat di malam hari), kecemasan, serta gangguan kesehatan lainnya.
Meskipun merupakan kondisi normal, menopause bisa datang lebih cepat akibat pengaruh dari kondisi kesehatan. Namun banyak cara yang dapat ditempuh dalam manangani menopause, agar menopause tidak menghalangi Anda beraktivitas meskipun banyak mengalami penurunan atau perubahan hormon, namun kondisi dari suatu tubuh harus tetap fit dan sehat, meskipun beberapa diantara mereka yang mengalami menopause mudah terjangkit penyakit jantung atau mengalami osteopororsis. Untuk mencegah itu semua terjadi pada Anda, berikut ini adalah cara mengatasi menopause yang dapat Anda coba:
1. Perkaya phytoestrogen. Hormon estrogen pada perempuan akan turun secara drastis sebelum mengalami menopause. Hormon ini merupak sekelompok senyawa steroid yang berfungsi sebagai hormon seks pada perempuan. Kurangnya steroid menyebabkan perkembangan dan mempertahankan tanda-tanda kelamin sekunder pada perempuan, seperti payudara, dan juga terlibat dalam penebalan endometrium maupun dalam pengaturan siklus haid.  Untuk mencegahnya, konsumsi makanan yang mengandung phytoestrogen seperti yang terdapat dalam gandum dan kedelai, tahu, dan tempe.
2. Konsumsi susu, namun jika anda tidak menyukai susu dapat diganti dengan mengkonsumsi tahu, tempe atau sayur, tentunya dengan dosis yang lebih rendah. Misalnya, 50 gram tempe atau 120 gram tahu yang mengandung fitoestrogen, cukup untuk sehari.
3. Dalam memasak jenis sayuran apapun jangan terlalu lama karena vitamin yang terdapat dalam sayuran akan larut dalam air bila dimasak terlalu lama.
4. Cobalah mengganti minyak goreng dengan minyak zaitun atau mentega rendah kalori untuk memasak makanan anda baik dalam menumis atau hanya menggoreng biasa, agar tidak terlalu banyak minyak yang masuk ke dalam tubuh.
5. Jangan malas berolahraga. Ovulasi yang tidak berjalan normal karena tubuh yang tidak sehat merupakan salah satu penyebab menopause datang lebih cepat. Meskipun usia bertambah, pastikan Anda tetap menjaga kebugaran dengan berolahraga atau hanya sekedar melakukan peregangan paling tidak 30 menit setiap harinya.
6. Jauhi rokok. Bukan hanya berakibat fatal bagi kesehatan paru-paru, para perokok biasanya lebih rentan mengalami menopause dini. Pasalnya, merokok bisa menghambat peredaran darah sehingga mempengaruhi masa menstruasi.
7. Konsumsi antioksidan. Makanan yang diperkaya dengan antioksidan bukan hanya baik bagi sistem kekebalan tubuh. Namun juga bersifat mengusir racun dari dalam tubuh dan menunda tanda-tanda penuaan.
8. Mengkonsumsi vitamin dengan dosis yang tepat, terutama vitamin A dan D. Karena vitamin A dan D tidak dengan mudah dikeluarkan oleh tubuh, jika berlebihan dapat menimbulkan racun dalam tubuh. Jangan sembarangan mengkonsumsi vitamin A dan D. Dosisnya harus tepat, karena kedua vitamin itu tak bisa dikeluarkan begitu saja dari dalam tubuh. Selain itu, jika terus dikonsumsi, bisa-bisa malah menimbulkan racun di dalam tubuh.
9. Minuman dan makanan yang harus dihindari untuk memperlambat datangnya menopause antara lain kafein, kopi, alkohol, minuman bersoda, rempah-rempah dan makanan berlemak.
10. Bersikap sabar dan berusaha menerima kenyataan, karena bagaimana pun, menopause pasti akan datang. Tentu saja, anggota keluarga yang lain harus lebih bijaksana menghadapi sikap wanita yang menopause.
11. Tambahkan vitamin dalam menu sehari-hari. Vitamin yang diperlukan antara lain :
a. Vitamin A, C dan E untuk antioksidan. Vitamin A dapat diperoleh dengan mengkonsumsi hati, kuning telur, susu dan mentega. Sedangkan dari tumbuhan, vitamin ini bisa diperoleh lewat sayuran warna hijau, jingga dan buah seperti tomat. Sedangkan vitamin E banyak didapat lewat kacang-kacangan, sayur dan buah.
b. Vitamin D untuk penyerapan kalsium yang terdapat pada kuning telur, hati, mentega dan keju.
c. Vitamin B kompleks yang berguna untuk memperlambat datangnya menopause terdapat pada kacang-kacangan dan sereal.
d. Untuk memperlambat datangnya menopause, hindari kafein, kopi, alkohol, minuman bersoda, rempah-rempah dan makanan berlemak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar